SIAP SESUAIKAN PERMENDIKBUD-RISTEK NOMOR 53 TAHUN 2023, PROGRAM STUDI PGMI IKUTI WORKSHOP KURIKULUM BERBASIS OBE

Pontianak, 20 Juni 2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah mengikuti kegiatan pra mukernas PD – PGMI Indonesia yang dilaksanakan secara online dengan acara inti workshop pemutakhiran kurikulum PGMI Based On OBE dan PERMENDIKBUD-RISTEK Nomor 53 Tahun 2023.

Kegiatan pra mukernas PD – PGMI Indonesia diikuti oleh sekitar 80 Program Studi PGMI dari seluruh Indonesia. salah satunya Prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak. Kegiatan ini difasilitasi oleh Pengurus PD-PGMI Indonesia dengan rangkaian acaranya meliputi sesi 1 berisi penjelasan mengenai PERMENDIKBUD-RISTEK Nomor 53 Tahun 2023 yang disampaikan oleh Sekertaris Umum PD-PGMI Indonesia Dr. Ahwy Oktradiksa, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan pendampingan penyusunan Visi keilmuan, Tujuan Prodi, dan Profil Lulusan, dan Capaian Pembelajaran Lulusan prodi PGMI. Sesi 2 dilanjutkan dengan penjelasan tentang Body of Knowladge yang disampaikan oleh Ketua Umum PD-PGMI Indonesia Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I dan peserta didampingi untuk memetakan Body of Knowladge, dan menentukan bobot SKS pada setiap mata kuliah. Sesi 3 diisi oleh Bendahara Umum PD-PGMI Indonesia Fitri Yuliawati, M.Pd, dengan penjelasan dan pendapingan tentang sebaran mata kuliah persemester, deskripsi mata kuliah, strategi pembelajaran, dan matrik penilaian.

Kegiatan pra-mukernas ini diikuti oleh pengelola prodi dan beberapa dosen homebase prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk penyamaan persepsi terkait kurikulum Based On OBE di prodi PGMI. Draft Kurikulum ini akan ditindaklanjuti dan dibawa ke Lampung dalam kegiatan Mukernas ke-10 di UIN Raden Intan Lampung pada tanggal 14 – 16 Juli 2024.

Penulis: Roikhatul Janah