PGMI IAIN Pontianak Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama SILN Jeddah: Penguatan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Holistik Kurikulum Merdeka

Jeddah, 4 Agustus 2025 – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak melalui Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara virtual yang menjangkau komunitas pendidikan Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, pada tanggal 4 Agustus 2025. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi tridharma perguruan tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat bertujuan mendukung peningkatan kualitas pendidikan bagi diaspora Indonesia di luar negeri.Mengusung tema “Penguatan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Holistik di Kurikulum Merdeka”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota, M.Pd. dosen pada Program Studi PGMI FTIK IAIN Pontianak. Dalam penyampaian materinya, beliau menekankan bahwa literasi numerasi merupakan bagian krusial dalam kurikulum yang berorientasi pada kompetensi, relevansi, dan pengalaman nyata peserta didik.

“Literasi numerasi tidak hanya sekadar kemampuan berhitung, melainkan juga mencakup keterampilan berpikir logis, menganalisis informasi berbasis angka, dan menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kurikulum Merdeka memberikan ruang bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran numerasi secara holistik dan bermakna,” terang beliau dalam sesi virtual yang diikuti oleh para peserta lintas negara.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform konferensi video dan diikuti oleh guru-guru Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), tenaga pendidikan komunitas Indonesia di Jeddah. Meskipun dilaksanakan secara virtual, kegiatan berlangsung interaktif dan komunikatif, dengan diskusi yang aktif serta antusiasme tinggi dari para peserta.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata kontribusi IAIN Pontianak dalam memperluas jangkauan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan digital, serta memperkuat kolaborasi internasional dengan komunitas pendidikan Indonesia di luar negeri. Melalui kegiatan ini, diharapkan terbangun pemahaman yang lebih mendalam mengenai pendekatan pembelajaran numerasi yang kontekstual, menyenangkan, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik, sesuai dengan semangat Merdeka Belajar untuk semua anak Indonesia dimanapun berada.