Tingkatkan Mutu dan Kekompakan Tenaga Pendidik, Prodi PDMI Gelar Pembinaan

Senin, 7 November 2022 bertempat di ruang 310 gedung Saifuddin Zuhri, Prodi PGMI melaksanakan agenda rapat rutin awal bulan. Rapar rutin ini dihadiri oleh kaprodi, sekretaris prodi dan juga dosen homebase prodi PGMI. Rapat awal bulan November 2022 ini membahas beberapa hala yang sangat urgen untuk pengembangan prodi PGMI

Kaprodi PGMI, Ibu Kartini M, Ag dengan semangat 45 memaparkan beberapa hal penting sesuai dengan isi surat undangan untuk rapat yaitu pembinaan dosen, rencana program kerja Prodi PGMI 2023, tertib adminitrasi (SOP, Surat Permohonan Data dll), jurnal Kartini, penelitian dosen bersama mahasiswa yang terinclude dalam makul, HKI, tracer study, dokumentasi dan notulensi setiap rapat harus lengkap serta hal-hal yang dianggap perlu.

Beliau memberikan paparan bahwa yang wajib dipatuhi dan disepakati bersama oleh seluruh dosen homebase yaitu setiap dosen memiliki peluang yang sama dalam melanjutkan karir baik sebagai dosen maupun bidang lainnya. Setiap dosen harus transparan dalam setiap pekerjaan yang dilakukan serta wajib tertib adminitrasi. Prodi PGMI sudah mendapatkan SK dekan untuk tim jurnal dan juga tim akreditasi. Hal ini sangat penting untuk mempersiapkan akreditasi di tahun 2026 nanti. Selain itu, kaprodi juga berpesan agar setiap dosen homebase prodi PGMI berperan aktif dalam penelitian payung bersama mahasisa agar mampu mendongkrak kemampuan sebagai seorang peneliti. Kaprodi juga berharap bahwa setiap Angkatan mahasiswa prodi PGMI bisa lulus dalam jangka waktu 8 semester atau 4 tahun masa studi. Hal ini sangat diperlukan kerjasama dan kompak antar dosen dan mahasiswa. Beliau juga mengingatkan kepada kita selaku dosen prodi PGMI agar tidak mempersulit mahasiswa yang menyelesaikan program perkuliahannya. Kita sebagai dosen harus mampu memberikan bimbingan yang maksimal kepada para mahasiswa sehingga mereka tidak terkendala untuk menyelesaikan studi tepat waktu.

Prodi PGMI memiliki visi terwujudnya prodi yang ulung dan terbuka dalam menyiapkan calon guru kelas MI/SD yang berwawasan riset keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo di tahun 2030.

Misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan tinggi bagi calon guru kelas MI/SD yang ulung dan terbuka dalam kajian pendidikan dasar, ketarbiyahan, keagamaan dan, keislaman.
  2. Membentuk calon guru kelas MI/SD yang berakhlak mulia, mandiri dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusian.
  3. Mengupayakan kajian riset keilmuan pendidikan dasar, ketarbiyah, keguruan, keislaman yang berbasis kebudayaan Borneo
  4. Meningkatkan peran dan pengabdian dosen serta mahasiswa Prodi PGMI dibidang pendidikan dasar serta turut serta secara aktif dalam menyelesaikan persoalan kemasyarakatan. Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama institusional dan kelembagaan pendidikan dasar dalam upaya mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, pendidikan, teknologi pendidikan dan/atau seni keagamaan Islam berwawasan Borneo

Untuk mencapai visi misi prodi ini maka harus dilakukan pembenahan terutama administrasi dari masing-masing dosen homebase prodi PGMI. Semoga harapan prodi PGMI ini bisa terlaksana dengan kebersamaan dan kekompakan.

Penulis: Saumi Setyaningrum, M.Si.