Torehkan Prestasi, Mahasiswa Prodi PGMI Lolos Seleksi Kampung Riset

Alhamdulillahirrabilalamin… Mahasiswa prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak akhirnya berhasil lolos ke ajang kampong riset yang diadakan oleh LP2M IAIN Pontianak tahun 2022. Kampong riset yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 2022 untuk pembekalan dan mulai tanggal 30 Oktober – 5 November 2022, para mahasiswa ini berangkat ke lokasi Kampong Riset yaitu Kayong Utara.  

Mahasiswa yang berhasil mendapatkan anugerah untuk mengikuti kegiatan kampong riset ini yaitu Syafira Choirunnisa (11910041), Khusnul Istiqomah (11910103), Ony Selvina (11910140), Angga Bayu Segara (12010146) dan Raden Kurnia Rahmad (12110071). Luar biasa bagi prodi PGMI karena tahun 2022 ini merupakan tahun pertama mahasiswa prodi PGMI mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi kegiatan Kampong Riset ini.

Mereka mendapatkan kesempatan belajar mengenai tata cara penelitian tentang sejarah. Materi mengenai penelitian sejarah yang mereka peroleh berupa metode penelitian dan langkah praktis penelitian tentang sejarah.  Metode penelitian sejarah meliputi heuristik, kritik, interprestasi dan historiografi. Heuristik merupakan penelusuran sumber sejarah yang akan diteliti. Heuristik ini dalam bentuk tertulis, lisan, benda maupun fakta social/mental. Langkah praktis penelitian berupa mencari sumber baik lisan maupun tulisan, memahami sumber berupa tema dan ruang lingkupnya serta menelusuri penelitian masa lampau meliputi memeriksa tema, temporal dan spasial.

Ibu Kartini, M.Ag selaku kaprodi PGMI sangat menyambut baik atas prestasi mahasiswa PGMI yang telah berhasil lolos seleksi kegiatan kampong riset tahun 2022.  Beliau berharap dengan semakin banyak mahasiswa PGMI yang mendapatkan kesempatan belajar menulis maupun meneliti maka diharapkan kedepannya dapat memberikan dukungan penuh untuk meraih akreditasi unggul untuk prodi PGMI. Selain itu, beliau juga sangat bangga dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa dalam semua bidang keterampilan dan keahlian yang dapat digali, ditumbuhkan serta dikembangkan sebagai bekal di masa depan bagi mereka. semoga prodi PGMI menjadi salah satu prodi unggulan di FTIK IAIN Pontianak. Aamiin

Kontributor: Saumi Setyaningrum, M.Si.