Pembukaan Milad dan Sentarsik PGMI 2022

Sabtu, 12 November 2022 Prodi PGMI telah melaksanakan pembukaan milad ke-8 dan praktikum seni tari dan musik (sentarsik) di lingkungan FTIK IAIN Pontianak. Kegiatan milad ke-8 dan sentrasik tahun 2022 mengambil tema, “Mewujudkan Karakter Pendidik yang Terampil, Kreatif, Inovatif, Berkualitas dan Unggul melalui Milad ke – VIII dan Sentarsik PGMI tahun 2022”.

Pada kesempatan ini dihadiri langsung oleh kaprodi PGMI, Sekretaris prodi, dosen homebase PGMI, para pembimbing sentarsik, kaprodi PPG, HMPS dari 6 prodi yang ada di FTIK, mahasiswa prodi PGMI terutama angkatan 2020, 2021 dan 2022. Dan juga pihak dekanat yang diwakili oleh kaprodi PPG untuk membuka kegiatan milad ke-VIII dan sentarsik prodi PGMI tahun 2022.

Ibu Ana Rosilawati, M. Ag selaku kaprodi PPG mewakili dekan FTIK memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan milad dan sentarsik PGMI tahun 2022. Beliau berpesan bahwa mahasiswa PGMI harus mampu menjadi guru yang berkarakter karena beruntung memiliki dosen yang berkompeten dalam semua bidang, baik seni, ilmu pengetahuan umum dan juga olahraga. Beliau juga berharap Mahasiswa PGMI sebagai calon guru juga harus bisa mempersiapkan diri sebagai guru profesional yang menghadapi revolusi industri. Persiapan guru di abad 21 adalah menjadi guru yang punya karakter abad 21. Calon guru PGMI harus mempunyai keinginan, kemauan dan motivasi tinggi untuk belajar. Long live education. Calon guru PGMI juga diharapkan pandai menggali potensi diri sendiri dalam berbagai bidang keilmuan serta keterampilan seperti seni musik, seni rupa, tari, mendongeng dan drama musikal atau teather. Calon guru PGMI harus kreatif dan memiliki inovasi sesuai dengan tema milad ke-VIII dan Sentarsik PGMI 2022.

Ibu Kartini selaku Kaprodi PGMI memberikan sambutan dengan penuh semangat. Beliau mengatakan bahwa kita harus selalu berpikir dan bertindak positif dalam semua hal. InsyaAllah, Allah SWT memberkahi langkah kita. Hidup berkah dunia akhirat dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi menuju PGMI unggul. Rasa syukur atas kerja keras, kekompakan, kebersamaan dari semua lini dari prodi PGMI sehingga bisa terwujud kegiatan seperti ini. Kaprodi tidak ada apa-apanya tanpa ada tim yang solid. Mahasiswa prodi PGMI harus mampu menyelesaikan perkuliahan 8 semester. Hal ini dikarenakan peluang yang muncul dapat ditangkap seperti peluang untuk kerja maupun lanjut studi. Hal yang sangat membanggakan adalah Alhamdulillah, PGMI menderma mendapatkan dana 40 juta dari PLN. Harapannya PGMI independen untuk dana maupun lainnya. Pesan khusus disampaikan untuk ketua hmps PGMI agar mengkader ketua hmps selanjutnya supaya bisa bekerja dan belajar maksimal dalam berorganisasi.

Selain itu, Arif selaku ketua HMPS PGMI memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar terus bersinergi dengan kreatifitas menuju unggul. PGMI merupakan guru kelas berkualitas. Kegiatan semacam ini bermanfaat untuk menjalin silaturahim dan mengembangkan kreativitas kemampuan mahasiswa dalam dalam segala bidang yaitu olahraga, tari, musik, mendongeng dan sebagainya.

Pada kesempatan ini dihadiri langsung oleh kaprodi PGMI, Sekretaris prodi, dosen homebase PGMI, para pembimbing sentarsik, kaprodi PPG, HMPS dari 6 prodi yang ada di FTIK, mahasiswa prodi PGMI terutama angkatan 2020, 2021 dan 2022. Ketua panitia sentarsik PGMI tahun 2022 adalah Bapak Akhmad Zaini, M. Pd sedangkan ketua panitia Milad ke-VIII yaitu Raden Eddy Supriadi, mahasiswa PGMI semester tiga atau Angkatan 2021.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan vokal grub dari Prodi PGMI juga penampilan marching band dari Genta Swara Khatulistiwa (GSK) IAIN Pontianak. Marching Band GSK ini merupakan mitra kerja dari prodi PGMI dalam kegiatan matrikulasi bagi Maba 2022. Marching GSK membawakan lagu selamat ulang tahun untuk prodi PGMI yang sedang merayakan milad ke-VIII tahun 2022.

Raden Eddy Supriadi selaku ketua panitia milad ke-VIII prodi PGMI menyampaikan laporan bahwa : panitia milad ke-VIII dan sentrasik ini sejumlah 55 orang dari HMPS PGMI. Kegiatan milad ke-VIII ini meliputi berbagai lomba dari tingkat SD/MI, Mahasiswa dan juga Dosen di lingkungan IAIN Pontianak. Lomba Dai Cilik dan Tartil Quran merupakan lomba di tingkat SD/MI. Tingkat mahasiswa IAIN Pontianak juga ada dua cabang lomba yaitu vocal solo dan mendongeng sedangkan khusus mahasiswa PGMI adalah lomba futsal putra dan futsal putri. Lomba untuk dosen IAIN Pontianak adalah catur. Raden berpesan bahwa kebiasaan yang telah dibangun dari awal kita hidup, itulah yang akan menjadi penentu bagi kehidupan kita ke depannya. Tetaplah bahagia untuk kita semua.  

 

Penulis: Saumi Setyaningrum, M.Si.