LAKUKAN PERSIAPAN PERKULIAHAN, PRODI PGMI MEMILIKI HARAPAN BESAR MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS

Pontianak, 9 Februari 2023. FTIK IAIN Pontianak melakukan persiapan perkuliahan dengan melaksanakan rapat di ruang 509 gedung KH. Saifudin Zuhri. Kegiatan Rapat persiapan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1, Dekan FTIK, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 3, Kaprodi PAI, Kaprodi PGMI, Kaprodi PBA, Kaprodi PIAUD, Kaprodi Tadris Matematika, Kaprodi Tadris Bahasa Inggris dan seluruh dosen pengampu mata kuliah di lingkungan FTIK IAIN Pontianak.

Dalam sambutan Dekan FTIK menyampaikan beberapa hal, antara lain: (1) Penelitian dan PkM yang dilaksanakan secara mandiri oleh Dosen harus dilaporkan sesuai dengan standar yang berlaku di LP2M. (2) RPS yang digunakan di upload ke SIAKAD harus sesuai dengan standar dan template yang sudah disosialisasikan oleh Wakil dekan 1 FTIK. (3) Peninjauan kurikulum menjadi program yang akan di prioritasikan pada tahun ini, perlu kerjasama prodi untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Selain Dekan FTIK Warek 1 juga menyampaikan beberapa point penting yang harus diperhatikan bersama, antara lain:(1) sistem perkuliahan berdasarkan surat edaran lama yang belum dicabut atau diperbaharui boleh dilaksanakan secara daring, untuk pelaksanaanya diserahkan kembali ke jenis perkuliahannya dan keilmuan yang akan di terima mahasiswa. (2) Dosen tidak boleh hanya mengajarkan tentang ilmu pengetahuan namun juga harus mengajarkan dan membentuk akhlak mahasiswa. (3) pengelola prodi (kaprodi dan sekprodi) harus memprioritaskan dosen homebase terlebih dahulu. (4) administrasi pembelajaran harus benar-benar terpenuhi (RPS harus sesuai dengan beban kurikulum di program studi masing-masing). (5) Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Prodi harus diberikan akses untuk masuk ke siakad dosen, hal ini bertujuan untuk memantau administrasi keprodian yang harus dipenuhi dosen.

Kaprodi PGMI memiliki harapan untuk semester genap semua dosen pengampu mata kuliah yang mengajar di prodi PGMI untuk tertib administrasi (RPS sesuai dengan standar, harus memperhatikan CPL dan CPMK, penilaian yang komprehensif antara sikap, keterampilan dan pengetahuan). Selain tertib administrasi harapan kaprodi PGMI, semua dosen pengampu harus memenuhi 16x pertemuan (termasuk UTS dan UAS).

Penulis: Roikhatul Janah