GUEST LECTUCE COLABORATION: PGMI IAIN Pontianak dengan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Kamis, 21 Desember 2023 PGMI IAIN Pontianak bekerjasama dengan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan kegiatan “GUEST LECTUCE COLABORATION” maka kuliah Telaah dan Pengembangan Kurikulum MI/SD dengan tema Mengenal Lebih Dekat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Kurikulum Merdeka SD/MI. kegiatan ini terlaksana sebagai tindak lanjut dari MoU yang telah dilakukan oleh PGMI IAIN Pontianak dengan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dalam kegiatan ini terdapat tiga pemateri dari berbeda kampus yang ada dalam menyampaikan materi terkait penguatan profil pancasila dan pelajar rahmatan lil’alamin pada kurikulum merdeka di SD/MI.

Kegiatan Guest Lecture ini didukung oleh para Kaprodi PGMI IAIN Pontianak maupun Kaprodi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mereka sangat mengapresisasi kegiatan ini karena untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang ada di IAIN Pontianak mapun IAIN Cirebon. Adapun pemateri pada kegiatan ini yang pertama disampaikan Oleh bapak Dr. Non. Syafriafdi, S.Pd., M.Pd  S1 dan S2 Universitas Riau mengenai Proyek Penguatan Profil Pancasila pada Kurikulum Merdeka di SD/Mi itu seperti apa dengan paparan yang sangat jelas sehingga peserta juga turut antusias dalam mendengarkan penyampaian materi oleh beliau. Selanjutnya pemateri kedua oleh Ibu Fatimah M.Ag salah satu Dosen PGMI IAIN Syeh Nurjati Cirebon dengan judul materi terkait apa sih Itu Kurikulum mulai dari awal hingga sekarang yakni mengenai bagaimana kurikum merdeka itu dilaksanakan disekolah dasar maupun di madrasah ibtidaiyah. Selanjutnya pemateri ketiga disampaikan oleh Ibu Fitri Muthmainnah, M.Pd dosen PGMI IAIN Pontian Menyampaikam Materi Terkait Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Kurikulum Merdeka di SD/MI. dan moderator pada kegiatan ini di pimpin oleh Misbah Binasdevi, M.Pd Dosen PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri para mahasiswa PGMI di IAIN Pontianak Maupun IAIN Syekh Nurjati cirebon serta para dosen-dosen dari kedua kampus yang bekerjasama maupun peserta diluar kampus yang bekerjasama. Ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta terkait Kurikulum merdeka ini karena pada saat ini sedang gencar-gencarnya penerapan kurikulum merdeka ini dilaksanakan di sekolah-sekolah dan selalu terjadi permasalah-permasalahan yang harus diselesaikan mulai dari mata pelajaran Bahasa Inggris yang ditiadakan disekolah dasar dan bagaimana penerapannya serta pertanyaan dari mahasiswa mengenai bagaimana caranya menumbuhkan bakata dari peserta didik. Semua dijawab sangat baik oleh para pemateri.

Kegiatan ini juga sangat disupport oleh progam studi agar kegiatan ini bisa terus berlanjut dan dapat menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat terus berkembang dan berkolaborasi untuk meningkatkan kemapuan mahasiswa dan menjadi lulusan yang profesional nantinya jika sudah selesai perkuliahan.

Penulis: Fitri Muthmainnah