Sambut MILAD, HMPS PGMI Gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Menyambut perayaan milad Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah IAIN Pontianak, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini disambut baik oleh mahasiswa prodi PGMI. “saya pribadi sangat senang dengan diadakannya program pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini karena sangat membantu kita sebagai mahasiswa. Apalagi kan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen ya bentuknya memang hampir keseluruhan adalah KTI. Jadi, dengan ikut serta dalam kegiatan ini, kita jadi lebih tahu bagaimana tekhnik penyusunan, pengutipan, maupun penulisan daftar pustaka yang benar “ ujar Herliana, peserta pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dari kelas PGMI 3A.

Kegiatan yang dilangsungkan pada Jum’at, (18/11/2022) ini, diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah angkatan 2021 dan 2022. Terhitung sejumlah 233 mahasiswa yang berpartisipasi dalam pelatihan penulisan Karya Ilmiah yang digelar di Aula Teater lantai 5 gedung Saifuddin Zuhri IAIN Pontianak. Seluruh peserta juga diwajibkan membawa laptop sebagai media praktik langsung dalam pelatihan ini.

“Harapan saya, agar mahasiswa dapat menulis karya ilmiah dengan baik, sesuai dengan kaidah penulisan” ucap Imam Agung Prakoso, S. Sy., M. H. selaku pemateri dalam kegiatan pelatihan ini.

Ia memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang tujuan karya ilmiah, kaidah penulisan yang baik dan benar, tahapan-tahapan penulisan dalam karya ilmiah, serta tips-tips lainnya dalam penulisan karya ilmiah. Beliau juga menyampaikan harapannya agar PGMI dapat menjadi Prodi yang unggul nantinya, serta mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas.

            Dilansir dari wawancara pada jumat (18/11/22), Kepala Program Studi (KaProdi) PGMI menyatakan apresiasi yang baik menyangkut diadakannya kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah ini. “Bagus, pelatihan penulisan karya ilmiah ini dilaksanakan di semester 1 dan 3, artinya sejak awal mahasiswa PGMI telah dikenalkan tentang teknis penulisan maupun isi dari sebuah artikel yg punya manfaat besar hingga terbiasa dan akan berefek positif menuju penulisan tugas akhir (skripsi) tentunya” paparnya.

“Terkadang masih ditemukan teknis penulisan penggunaan huruf kapital belum benar, penulisan gelar, penulisan kata-kata dari bahasa asing, penggunaan bentuk huruf dan sebagainya.” lanjut beliau.

            Ia juga menyampaikan harapannya mengenai kegiatan ini. “Melalui pelatihan ini saya berharap ada perubahan yang signifikan untuk meminimalisir kesalahan dalam hal-hal yang telah saya sebutkan tadi. Semangat, maju terus menuju PGMI unggul” tambah Kartini, S. Ag., M. Ag. Selaku Kaprodi PGMI IAIN Pontianak.

Oleh: Windi Astari (Mahasiswa PGMI)