Penutupan Milad Ke-8 dan Sentarsik PGMI IAIN Pontianak Tahun 2022

Serangkaian Milad Ke-8 Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak yang bertajuk “Mewujudkan Karakter Pendidik Yang Terampil, Kreatif, Inovatif, Berkualitas, dan Unggul Melalui Milad Ke-8 dan Sentarsik PGMI Tahun 2022” telah sampai di penghujung acara. Pada Ahad, (20/11/2022), dilangsungkan acara penutupan milad sekaligus seni tari dan musik (sentarsik) oleh Prodi PGMI yang bertempat di ruang Aula Syech Abdul Rani Machmud, IAIN Pontianak. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa PGMI mulai dari angkatan 2021 hingga 2022, Sema-Dema dan HMPS se-IAIN, serta para tamu undangan ini, disambut baik oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sendiri.

“Saya mengucapkan selamat Milad ke-8 PGMI dan Sentarsik. Mudah-mudahan PGMI semakin jaya menuju akreditasi unggul. Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang sangat meriah ini. Terlihat sekali bahwa mahasiswa PGMI sangat kreatif sehingga dapat menyuguhkan kegiatan yang sangat atraktif. Ke depan kita harapkan semakin baik lagi. Kami mendukung dengan memfasilitasi kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas mahasiswa”

Dr. Hermansyah, M. Ag.
Dekan FTIK

Raden Eddy Supriadi, ketua panitia kegiatan Milad dan Sentarsik menjelaskan tentang laporan pelaksanaan selama Milad ke-8 berlangsung. Lebih lanjut, ia juga menyampaikan kesan dan pesannya. “Dengan adanya kegiatan milad ini merupakan momentum untuk memupuki kembali hubungan silaturahmi antar mahasiswa dan dosen di pgmi serta menjadi ajang untuk menunjukkan kompetensi serta eksistensi dalam dunia seni dan kegiatan milad ke-8 dan sentarsik pgmi ini selain memuat seni tapi juga sebagai bentuk pelatihan kompetensi mahasiswa pgmi sebagai calon pendidik yang terampil dan berkualitas” ujarnya.

“Pesan saya selaku ketua panitia untuk kawan-kawan mahasiswa pgmi kegiatan milad ke-8 dan sentarsik pgmi ini harus terus kita meriahkan dan terus kita sonsong untuk menunjukkan bahwa inilah pgmi dengan segala keindahan dan keterampilan yang dimiliki oleh kawan-kawan mahasiswa semuanya. Ingat, mahasiswa bukan hanya terampil dalam belajar tapi juga harus piawai dalam menunjukkan keterampilannya” tambahnya.

Dalam puncak acara penutupan Milad dan Sentarsik ini juga menyuguhkan penampilan dari para peserta pemenang terbaik pertama sentarsik seperti penampilan vokal grup dari kelas PGMI 3C, perkusi dari kelas PGMI 3A,  drama musikal dari kelas PGMI 3A, dongeng dari kelas 5E, serta penampilan marching band dari seluruh kelas PGMI angkatan 2022. Selain itu, pembagian hadiah dan penyerahan piala serta piagam juga  dilakukan di penghujung susunan acara.

Adapun pemenang dari beberapa kategori lomba yang dilaksanakan dalam rangkaian milad dan sentarsik ini antara lain sebagai berikut : untuk pemenang dalam sentarsik pada Ahad (13/11/2022) ada kelas 3C sebagai terbaik pertama, 3E terbaik kedua, serta 3 B sebagai terbaik ketiga dalam kategori vokal grup. Untuk kategori perkusi ada kelas 3A sebagai terbaik pertama, 3B sebagai terbaik kedua, 3D sebagai terbaik ketiga. Untuk kategori drama musikal ada kelas 3A sebagai terbaik pertama, 3D sebagai terbaik kedua dan 3B sebagai terbaik ketiga. Selanjutnya juga dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk kategori lomba tartil tingkat SD, da’i tingkat SD, dongeng, dan vokal solo, yang telah dilaksanakan sebelumnya pada senin (14/11/2022) dan selasa (15/11/2022). Untuk tartil tingkat SD, juara 1 diraih oleh Yazid Busthami dari Mis Asy-Syamsiah Pontianak Timur, Juara 2 Rahmatullah dari SDN 11 Tanjung Saleh, Juara 3 Fitrah Ramadhani dari TPQ Nurul hidayah. Pemenang lomba da’i tingkat SD, juara 1 Fanaya Finayatul Fatina SD 09 Pontianak, juara 2 Zaidan Syafiq Barra, juara 3 Dzafira Hazira Zulaikha SDIT Al Karima Kubu Raya. Pemenang lomba vokal solo, juara 1 oleh Dwi Gusti Wulandari dari Prodi BKI, Juara 2 Nurlita Amaliya dari Prodi KPI, dan juara 3 Elvionita rusma dari Prodi PGMI. Pemenang lomba mendongeng, juara 1 diraih oleh Alya Savitri Maulina dari PGMI, juara 2 oleh Ayu Sarah Agustin dari PGMI, dan juara 3 oleh Nadila Syadana dari PIAUD. Pada Rabu (16/11/2022) hingga kamis (17/11/2022) juga diadakan perlombaan futsal antar mahasiswa PGMI, dan lomba catur antar ASN dan non ASN yang diikuti oleh dosen-dosen di IAIN Pontianak. Juara 1 futsal diraih oleh PGMI angkatan 2020, juara 2 diraih oleh PGMI angkatan 2019, dan juara 3 diraih oleh PGMI angkatan 2022. Sedangkan untuk pemenang lomba catur antar dosen, juara 1 dimenangkan oleh Surianto, S. Pd. I., M. Th. I., Juara 2 oleh Imam Agung Prakoso, S. Sy., M. H., serta juara 3 oleh Fathurrosi, S. Pd., M. Pd.

Kepala Program Studi (Kaprodi) PGMI, Kartini, S. Ag., M. Ag. Menyampaikan apresiasi baik terkait acara puncak penutupan milad ke-8 dan sentarsik PGMI ini. “Ucapan pertama yg saya sampaikan utk penutupan milad PGMI adalah alhamdulillahirabbil’aalamiin sebagai rasa syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan jalan kemudahan hingga dapat terselesaikan acara milad ini dengan sukses. Dengan berbagai perlombaan diadakan untuk memacu prestasi dan dapat berkompetisi dengan sehat antara peserta sehingga penutupan milad ini dapat dilaksanakan oleh Dekan FTIK dalam suasana silaturrahim yang akrab. Tampilan dari grup marching band pun memberikan rasa meriah tersendiri karna tidak sia-sia ikut matrikulasi capek-capek, namun terlihat hasilnya begitu salut saya dengan kecerdasan dan kepiawaian mahasiswa pgmi dlm memainkan marching band.” Ujar beliau.

“Terima kasih yg sebesar-besarnya kepada panitia, pembimbing yang telah melatih mahasiswa PGMI dengan cara yang profesional. Semoga PGMI semakin maju dan berdampak pada perolehan predikat unggul pada akreditasi 3 tahun ke depan. Mari kita saling bergandeng tangan bahu membahu untuk membawa PGMI semakin maju dan terus berjaya” lanjut kaprodi PGMI tersebut menambahkan.

Dalam kegiatan ini pula Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI juga melakukan promosi pencetakan kaos khas PGMI. Dalam launching produk dari ketua, sekretaris, dan bendahara umum HMPS PGMI tersebut juga ditawarkan potongan harga bagi 50 pemesanan pertama

Penulis: Windi Astari (Mahsiswa PGMI)