MAHASISWA PRODI PGMI FTIK IAIN PONTIANAK MELAKSANAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA KUBU KECAMATAN KUBU KABUPATEN KUBU RAYA

Senin, 12 Desember 2022 telah dilaksanakan penyerahan mahasiswa  prodi PGMI yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Balai Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kuburaya. Kegiatan PKM prodi PGMI  tahun 2022 mengambil tema, “Mewujudkan Karakter Pendidik yang Terampil, Kreatif, Inovatif, Berkualitas dan Unggul melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) PGMI tahun 2022”.

Pada kesempatan ini dihadiri langsung oleh perwakilan dari camat Kubu yaitu bapak Mohammad Dariadi selaku Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, kepala desa Kubu diwakili oleh bapak Rianda selaku Kepala Dusun Rawa Karya, Sekretaris prodi, dosen pembimbing, para staf desa Kubu dan mahasiswa prodi PGMI kelas B angkatan 2021.

Ibu Saumi Setyaningrum, M.Si selaku Sek.Prodi PGMI sekaligus dosen pembimbing memberikan sambutan dan menyerahkan mahasiswa prodi PGMI tahun 2022 yang mengikuti kegiatan PKM dan riset di Desa Kubu. Alhamdulillahirrabbilalamin… Pada kesempatan ini Allah SWT telah memberikan waktu kepada kita semua utk bertemu dan berkumpul di ruang yang InsyaAllah penuh berkah. Aamiin. Shalawat serta salam tidak lupa kita sampaikan kepada Nabi Muhammad Saw yang menjadi teladan bagi umatnya. Program PKM dan research yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak di desa Kubu ini mengambil tema mewujudkan karakter pendidik yang berkualitas melalui research dan pengabdian kepada masyarakat. Kami ingin menyampaikan salam dari kaprodi PGMI yaitu ibu Kartini M. Ag yg tidak bisa ikut hadir dalam kegiatan ini. Bapak camat atau yang mewakili dan bapak kepala desa Kubu atau yang mewakili, saya sampaikan waktu pelaksanaan PKM ini tanggal 12 – 18 desember 2022 dengan tujuan utama dari program dari PKM dan research ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk melakukan pengabdian serta bersosialisasi bersama dengan masyarakat. Program ini nanti diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi masyarakat desa Kubu meskipun kecil serta prodi PGMI ke depannya. Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak selama kurang lebih satu Minggu berada di desa Kubu ini adalah mahasiswa akan melakukan research mengenai tradisi dan sejarah keraton Kubu, profil desa Kubu kecamatan Kubu, promosi prodi PGMI ke 3 sekolah: SMA negeri 1 kubu, MA Khairusa’adah kubu dan SMA Muhammadiyah Air Putih serta melakukan research mengenai literasi baca tulis dan numerik di 4 SD: SD NEGERI 1 Kubu, SD negeri 2 Kubu, SD negeri 5 Kubu dan SD negeri 22 Kubu. Bapak kepala desa dan camat kecamatan Kubu atau mewakili, kami mengharapkan bimbingan, arahan serta binaan kepada mahasiswa kami agar dapat memenuhi semua perencanaan pengabdian yang sudah direncanakan. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada bpk kepala desa Kubu beserta jajarannya, bapak camat kubu beserta jajarannya yang telah menerima mahasiswa prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak melaksanakan PKM di desa ini. Permohonan maaf juga saya sampaikan sekiranya nanti dalam pelaksanaan PKM ada kekhilafan maupun salah dari mahasisw kami, mohon kepada bpk ibu masyarakat terutama pengurus desa Kubu utk memaafkan dan memberikan teguran. Dengan ini kami selaku sekretaris prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak menyerahkan sepenuhnya 31 mahasiswa prodi PGMI kepada bapak camat dan bapak kepala desa Kubu. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat kubu yang telah menerima dengan sangat baik Mahasiswa kami melaksanakan PKM dan research di desa ini.

Bapak Mohammad Dariadi selaku Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu mengatakan bahwa semoga semua sehat. Masyarakat kubu menerima dengan sangat baik kedatangan mahasiswa prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak. Camat beserta jajarannya akan memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa agar mendapatkan data yang akurat. Beliau juga berpesan agar mahasisw PGMI harus mampu menjadi guru yang berkarakter karena mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengabdian di desa Kubu ini. Semoga mahasiswa prodi PGMI mampu menyerap semua informasi yang diperlukan dari desa Kubu ini.