Tingkatkan Ketrampilan Mahasiswa, Prodi PGMI Adakan Matrikulasi Marching Band

Matrikulasi Prodi PGMI mulai dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 dan akan berakhir pada hari Minggu, tanggal 20 November 2022 yang dibuka langsung oleh Bapak Eka Hendry AR, S.Pd., S.Ag., M.Si selaku wakil dekan 1 FTIK IAIN Pontianak. Diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2022 berjumlah 170 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan FTIK IAIN Pontianak mulai pukul 07.00 wib sampai dengan pukul 16.00 wib dengan tema, “Mewujudkan Karakter Pendidik yang Terampil, Kreatif, Inovatif, Berkualitas dan Unggul melalui Pra Basic Matrikulasi Band”.

Pembimbing yang terlibat dalam kegiatan matrikulasi ini adalah dari tim marching band Genta Suara Khatulistiwa IAIN Pontianak yang diketuai oleh Bima Aditya. Untuk menyemarakan acara pembukaan dari matrikulasi ini, tim marching band GSK membawakan satu lagu dengan judul R.A Kartini. Hal ini disesuaikan dengan nama Kaprodi PGMI yaitu ibu Kartini, M. Ag.

Kegiatan matrikulasi yang diikuti oleh mahasiswa baru prodi PGMI berupa pelatihan langsung yaitu dasar-dasar perkusi, melodi, pelurusan motivasi, LKBB dan keorganisasian. Menurut Bima Aditya selaku ketua tim marching band GSK bahwa pelatihan dasar seperti ini sangat diperlukan dan penting bagi mahasiswa yang ingin mengasah diri dalam bermain musik secara kelompok. Mereka dapat berlatih kekompakan dan menjalin kerjasama tim dengan baik. Kelima materi dasar tersebut harus dikuasai betul oleh seorang pemain marching band agar tetap terjaga sinkronisasi nada irama musik yang dihasilkan. Bima juga mengharapkan seluruh mahasiswa prodi PGMI mampu menimba dan mempelajari kelima materi dasar tersebut dengan baik dengan tekun berlatih dan berlatih. Bagi seorang pemain marching band harus memiliki kemmapuan dan kemauan berlatih yang kuat sehingga mampu menguasai semua alat musik yang dimainkan dalam marching band.

Robi merupakan salah satu pembimbing sekaligus alumni dari prodi PGMI memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa baru tahun 2022 agar sungguh-sungguh dalam mengikuti matrikulasi marching band ini agar kelak bisa memiliki keterampilan dalam hal bermusik. 

Kontributor: Saumi Setyaningrum, M.Si