Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Jiwa Sosial, Mahahasiswa PGMI Semester 3 Kelas A Laksanakan Pengabdian kepadaa Masyarakat (PkM)

Sebagai wujud pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi, sebanyak 28 mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester III kelas A yang diketuai oleh Windi Astari terjun ke lapangan untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Karangan Kabupaten Landak. Kegiatan yang didampingi langsung oleh Dr. Nelly Mujahidah, S. Ag, M. S. I dan Fitri Muthmainnah, M. Pd selaku dosen pembimbing pada kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari Minggu,  11 sampai 17 Desember 2022 di Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak tersebut bertujuan meningkatkan literasi mahasiswa dalam menulis suatu karya ilmiah.

Dr. Nelly Mujahidah, S. Ag, M. S. I sebagai dosen pembimbing dalam sambutannya menyampaikan tujuan dan menyerahkan secara langsung kepada pihak terkait di Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

“kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa kepada kami oleh segenap pemerintah dan masyarakat di sini, terkhusus kepada Kepala Desa Karangan. Bapak/Ibu, selain sebagai pengabdian mahasiswa kami, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan literasi mahasiswa sehingga menjadi bekal bagi mereka ketika memenuhi tugas akhir nanti. Dan kami juga menyerahkan anak-anak kami  ini kepada segenap tokoh masyarakat yang berada disini terkhusus kepada Kepada Desa, mohon  arahan dan bimbingannya kepada anak-anak kami terkait kegiatan yang akan dilaksanakan kurang lebih satu minggu ini, serta ucapan terimakasih kepada bapak Darna Sutikna yg telah menyediakan tempat mahasiswa untuk menginap. Ucapnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya masyarakat Desa Karangan dan permasalahan yang dihadapi baik di masyarakat, sekolah maupun sosial budaya  yang ada di daerah ini dan menjadi bahan penelitian mahasiswa nantinya.”Harapnya.

“Jalan-jalan ke Desa Karangan  – Kabupaten Landak Hulu Mempawah. 

Mahasiswa PGMI riset dan pengabdian- Semoga manfaat penuh barokah.

Desa Karangan indah menawan. – Penduduknya ramah lagi bersahabat

Kami datang membawa senyuman- Berharap dapatkan sambutan hangat.” Pungkasnya dalam bentuk pantun.

Dalam kesempatan yang sama,  bapak Syahrani, S.Pd.I dalam sebagai Kepala MIN 3 Landak menyambut baik kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa PGMI semester tersebut.

“Saya menyambut baik kegiatan ini dan berharap semoga kegiatan ini bisa menarik dan memupuk minat peserta didik kami, dan saya berharap betul adik-adik mahasiswa dapat memberikan motivasi kepada anak-anak kami. Saya yakin mereka bisa berkontribusi dan memberikan yang terbaik”. Ujarnya

Hal yang  sama juga diungkapkan kepada Desa Karangan bapak Roslan

“Jujur, saya sangat senang dengan kedatangan adik-adik mahasiswa yang akan melakukan PkM ini karena mereka akan ikut serta memberikan sumbangsihnya pada masyarakat di sini.  Dan yakin lah bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sini. Tapi juga bermanfaat bagi kalian semua, di antaranya; memperluas jaringan, melatih menggunakan ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan, dan tentunnya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Oleh sebeb itu, semoga kita semua bisa sama-sama memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Tuturnya.

Sementara itu, ditemui dilokasi kegiatan Fitri Muthmainnah, M. Pd yang juga sebagai dosen pembimbing mengungkapkan: “Program pengabdian masyarakat ini banyak memberikan mahasiswa pengalaman dan pelajaran baru tentang mengabdikan diri pada masyakat. Yang dimana seorang mahasiswa itu harus mampu mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat dan dapat mengabdikan dirinya pada masyarakat pula.” Tutupnya.

Penulis: Fitri Muthmainnah & Nelly Mujahidah