DOSEN PEMBIMBING PENGABDIAN PADA MASYARAKAT BESERTA MAHASISWA PGMI 3C GELAR PKM DALAM RANGKA PENGUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN KARAKTER DI DESA PANGKALAN KONGSI KECAMATAN TEBAS KABUPATEN SAMBAS

Dosen Pembimbing dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk penguatan literasi siswa di sekolah berangkat dari hal literasi dan numerasi serta karakter.

Kegiatan PKM tersebut digelar di Desa Pangkalan Kongsi Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, Kamis, 15 Desember 2022 s.d Rabu, 21 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut di hadirkan oleh Resvan, M.Pd. dan Firman Shantya Budi, S.Pd., M.Sc. sebagai dosen pembimbing dalam kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) serta mahasiswa PGMI kelas 3C.

Dosen pembimbing dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Resvan, M.Pd. menyampaikan bahwa  “ Evaluasi efektifitas dalam satuan pendidikan didasarkan Hasil belajar siswa di SD/MI yang bersumber dari literasi, numerasi, dan karakter serta efektivitas proses belajar mengajar dan lingkungan pendidikan yang mendukung pembelajaran”

Ia juga mengungkapkan pengetahuan dan kecakapan literasi dan numerasi harus diperkuat dari sejak dini mengingat hasil riset yang dilakukan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan terkait tingkat literasi di 34 Provinsi menunjukan Provinsi Kalimantan Barat menduduki posisi peringkat 3 terendah tingkat literasi.

Pembimbing PKM Firman Shantya Budi, S.Pd., M.Sc. juga mengungkapkan bahwa kegiatan PKM tersebut untuk membekali dan menambah pengetahuan tentang literasi, numerasi, dan karakter yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan abad 21 ini, keterampilan literasi dan numerasi serta karakter adalah kebutuhan mendesak yang perlu dimiliki oleh siapa pun untuk dapat bersaing secara global.

“Kegiatan ini juga tidak hanya melibatkan siswa dan guru, akan tetapi keterlibatan masyarakat setempat serta perangkat desa untuk mendapatkan pengalaman bermakna dengan melihat secara langsung dalam rngka proses pembiasaan literasi dan numerasi serta karater,” jelasnya.

Sementra itu, Kepala Desa Pangkalan Kongsi Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Pak Mursalin menyambut baik kehadiran TIM PKM dan berharap agar kegiatan tersebut dapat terus berlanjut.

“Saya harap bahwa kerja sama antara pihak kampus IAIN Pontianak pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan desa kami yang meliputi beberapa sekolah SD/MI dapat terus berlanjut untuk perbaikan pendidikan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan  kedepannya,” jelasnya.

Penulis: Resvan & Firman