DUA TIM DOSEN PGMI FTIK IAIN PONTIANAK PRESENTASIKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN DALAM ACARA SYEKH NURJATI INTERNATIONAL CONFERENCE ON ELEMENTARY EDUCATION DI CIREBON

Sabtu, 29 Juli 2023. Dua tim Dosen PGMI FTIK IAIN Pontianak atas Nama Tim Roikhatul Janah, S.Pd.I., M.Pd. dengan Tim Vidya Setyaningrum, M.Pd mempresentasikan artikel hasil penelitian di hadapan peserta Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education di Cirebon. Kegiatan yang diselenggarakan bersamaan dengan Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) ke-9 Persatuan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia merupakan kegiatan kerjasama antara asosiasi PD-PGMI Indonesia dengan Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan international conference ini dilaksanakan melalui dua skema, pertama offline mulai tanggal 29 Juli 2023 di Hotel Grage Kota Cirebon Jawa Barat. Kedua secara online melalui zoom meeting pada tanggal yang sama.

Roikhatul Janah mempresentasikan artikel hasil penelitianya secara offline di Hotel Grage Kota Cirebon. Artikel penelitan yang dipresentasikan berjudul “Implementation of “Kurikulum Merdeka” in MIN 1 Pontianak”. Artikel ini merupakan hasil penelitian kolaboratif yang dilakukan oleh Roikhatul Janah, M.Pd, Kartini, M.Ag dan Vidya Setyaningrum, M.Pd. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi pembaca yang akan melakukan penelitian lebih lanjut tentang kurikulum merdeka, atau bagi guru. pengelola pendidikan dasar yang akan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini memberikan informasi terbaru terkiat persiapan implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan di lokasi penelitian dengan mengkaji peraturan-peraturan kementerian agama maupun kementerian pendidikan riset, teknologi, dan pendidikan tinggi tentang kurikulum merdeka.

Vidya Setyaningrum mempresentasikan artikel hasil penelitian kolaborasinya secara online melalui zoom meeting yang telah dipersiapkan oleh panitia dihadapan peserta international conference di Cirebon. Artikel ini merupakan hasil mini riset dosen dengan mahasiswa dengan judul “Development of Science Process Skill Test for Fifth Grade Student in Pontianak.” Tim peneliti ini berfokus pada pembangunan dan validasi tes keterampilan proses sains untuk peserta didik kelas lima di Pontianak, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Pengembangan tes ini didasarkan pada kajian literatur, survei siswa, dan diskusi dengan pakar pendidikan dan ilmu sains.

Kaprodi PGMI FTIK IAIN Pontianak memiliki harapan besar kegiatan serupa dapat terus diikuti oleh semua dosen tetap prodi PGMI sehingga dapat data-data ini dapat dimasukkan dalam data akreditasi prodi PGMI. Kaprodi PGMI juga berpesan untuk tetap semangat mengembangkan diri, karena ketika dosen tetap mengembangkan diri otomatis prodi PGMI juga akan berkembang dan terangkat.

Penulis: Vidya S.