IKUTI MUSKERNAS KE-9 PD-PGMI INDONESIA, PROGRAM STUDI PGMI FTIK IAIN PONTIANAK SIAP MENYESUAIKAN VMTS DAN KURIKULUM PRODI PGMI SESUAI HASIL MUSKERNAS PD-PGMI INDONESIA

Cirebon, 28 – 30 Juli 2023, Program Studi PGMI FTIK IAIN Pontianak mengirimkan perwakilan prodi atas nama Roikhatul Janah, M.Pd. untuk mengikuti muskernas ke-9 PD-PGMI Indonesia yang diselenggarakan di Cirebon. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama PD-PGMI Indonesia dengan Program Studi PGMI FTIK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kerjasama ini yang menyebabkan tema muskernas tahun ini menjadi ” Muskernas ke-9 PD-PGMI Indonesia & Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education”.

Kegiatan ini memiliki tiga agenda besar yang masuk dalam rundown acara selama tiga hari. 3 Agenda besar meliputi: musyawarah kerja nasional oleh pengurus pusat dan pengurus wilayah, Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, dan pengambilan keputusan body of knowladge program studi PGMI pada jenjang S1, S2, dan S3.

Agenda pertama, musyawarah kerja nasional pengurus pusat dan pengurus wilayah. Kegiatan ini dilaksanakan di hari pertama tanggal 28 Juli 2023. Seluruh peserta muskernas dikelompokkan berdasarkan wilayah masing-masing asal perguruan tingginya. Perwakilan PGMI FTIK IAIN Pontianak melakukan musyawarah kerja nasional bersama wilayah Kalimantan. Ada beberapa keputusan yang dihasilkan dari muskernas wilayah ini, antara lain: Kepengurusan wilayah, dan program kerja di tahun 2023. Kepengurusan PD-PGMI wilayah Kalimantan diputuskan melalui surat keputusan nomor 002/ PD-PGMI/SK/VII/2023 dan dilantik oleh kepengurusan Pusat PD-PGMI Indonesia dengan ketua Juhairiyah, M.Pd.I dari UIN Samarinda dan sekertaris Roikhatul Janah dari IAIN Pontianak. Program kerja prioritas yang akan dilaksanakan di tahun ini adalah pertukaran dosen dalam kegiatan kuliah umum program studi.

Agenda kedua, Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education dengan tema kurikulum merdeka. agenda kedua ini dibagi dalam dua sesi, sesi pertama conference international yang diisi oleh Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I., Dr. H. Muhammad Nuruzzaman, M.Si., Prof. Dr. Yahya Bin Don, Prof. Dr. Tariq Mahmood, Sitti Maesuri Patahuddin, Ph.D, Dr. Widya Karmila Sari Achmad, M.Pd., Dr. Muhammad Afandi, M.Pd., M.H. Kemudian dilanjutkan sesi pararel, dua tim PGMI FTIK IAIN Pontianak mengisi sesi pararel dengan sesi offline dan online. Roikhatul Janah melaksanakan presentasi hasil penelitian secara offline di mainhall Grage Hotel dengan nomor urut 1, dan Vidya Setyaningrum melaksanakan presesntasi hasil penelitian secara online di room zoom yang telah disediakan panitia.


Agenda ketiga, pembahasan dan pengambilan keputusan body of knowladge program studi PGMI jenjang S1, S2, dan S3. Agenda ketiga ini berjalan mulai tanggal 29 Juli 2023 pukul 20.00 WIB sampai tanggal 30 Juli 2023 Pukul 11.30 WIB. Kegiatan ini di pandu langsung oleh sekertaris umum PD-PGMI Indonesia dan diisi oleh Prof. Dr. Fauzan, MA dan Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I. pada kegiatan ini, diperoleh kesepakatan Body Of Knowladge untuk program studi PGMI jenjang S1, S2, dan S3. Adapun surat keputusan body of knowladge dapat di lihat pada surat keputusan di bawah ini:

Penulis: Roikhatul Janah