Mahasiswa 3C PGMI FTIK IAIN Pontianak Melaksanakan Pengabdian di Sekolah Dasar Islam Mu’tasim Billah

Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa di SD terhadap pentingnya pendidikan melalui tema yang diangkat sekaligus untuk memenuhi tugas yang dberikan oleh salah satu dosen Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yaitu Bapak Dr. Hariansyah, M.Si. Pada hari Rabu, 06 Desember 2023 jam 07.00-10.00 WIB, kami selaku mahasiswa Kelas C semester 3 prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahh FTIK IAIN Pontianak melaksanakan sosialisasi edukasi kepada Sekolah Dasar Mu’tasim Billah yang melibatkan siswa-siswa dari kelas 1 hingga kelas 6.

Sekolah ini dikepalai oleh Joni Iskandar, M.Pd dengan total keseluruhan siswa 73 orang dan staf/ guru sekolah ada 8 orang. Sekolah ini berada di bawah Yayasan Lembaga Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Mu’tashim Billah. SD ini merupakan SD swasta yang didirikan pada tahun 2007 dengan akreditasi C. Pada kegiatan ini kami melakukan edukasi dengan berberapa kelompok yang memberikan materi yang berbeda-beda pada setiap kelompoknya yang terdiri dari 15 kelompok.

Joni Iskandar selaku Kepala SD Islam Mu’tasim Billah mengatakan bahwa beliau sangat bangga dan dengan tangan terbuka menerima kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan bahwa terjalin kerjasama antara SD yang dipimpinnya dengan prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak serta dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan tambahan wawasan mengenai pencegahan stunting, pencegahan bullying dan lainnya. Beliau juga berharap kedepannya tetap bisa dilanjutkan kegiatan positif ini di sekolahnya.   

 Sekolah Dasar Mu’tasim Billah menjadi saksi kegiatan edukasi yang menarik dan bermanfaat bagi siswa, melalui mata kuliah psikologi pendidikan inilah siswa-siswi kelas 1 hingga kelas 6 dapat memahami konteks pemahaman pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang aspek pendidikan yang relevan dengan dunia pendidikan sehingga membantu mereka memahami peran pentingnya dalam proses belajar-mengajar dilingkungan sekitarnya serta memberikan siswa landasan untuk memahami perilaku dan kebutuhan belajar mereka seperti edukasi bullying, stanting, dan lain sebagainya.

Selain penyampaian teori, kegiatan ini juga melibatkan sesi diskusi interaktif, simulasi dan permainan edukatif untuk memperkuat pemahaman siswa. Antusiasme siswa terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam berbagai kegiatan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif sehingga melalui kegiatan ini akan memberikan dampak positif pada proses belajar siswa di Sekolah Dasar Mu’tasim Billah. Melalui kegiatan ini, kami berharap memberikan kontribusi positif pada perkembangan siswa tidak hanya dalam hal akademis tetapi juga dalam pemahaman diri dan rekan-rekan mereka. Diharapkan, pemahaman mendalam tentang psikologi pendidikan akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung di Sekolah Dasar Mu’tasim Billah.

Penulis: Ahmad Joni Mustafa