MENDERMA AKBAR: Prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak Berkolaborasi dengan YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat Membagikan Bingkisan dan Sunatan Massal kepada 200 Yatim dan Dhuafa

Sabtu, 26 November 2022 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak telah melaksanakan kegiatan menderma akbar (berbagi bingkisan dan sunatan massal) berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Pembangunan Kalimatan Bagian Barat (YBM PLN UIP Kalimatan Bagian Barat). Kegiatan tersebut dilakasanakan dengan tema “Menebar Senyum dan Kebaikan Bersama Yatim Dhuafa”.

Pada kegiatan menderma akbar ini Prodi PGMI berhasil berkolaborasi dengan YBM PLN UIP Kalimatan Bagian Barat dihadiri oleh Kaprodi PGMI dan Ketua YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat, dan menghadirkan juga beberapa hiburan yaitu ibu Irma selaku pendongeng, kak Ayu Sarah Agustin Pendongen dari Mahasiswa PGMI, dan dua badut untuk menghibur anak-anak yatim yang hadir.

Pada kesempatan ini ketua HMPS Prodi PGMI yakni saudara Arif, memberikan sambutan terkait acara menderma akbar Bahwa kegiatan menderma ini sudah dilakukan HMPS Prodi PGMI sejak 2020 atas ijin kegiatan dari Kaprodi PGMI Ibu Kartini, M.Ag dengan awal mula merupakan kegiatan ini dari dana yang bersumber dari mahasiswa yang dikumpulkan dan dikelola HMPS Prodi PGMI dan didistribusikan langsung ke panti asuhan. Kemudian setelah hampir 4 tahun ini kegiatan menderma ini alhamdulillah bisa didukung oleh YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat dengan kegiatan menderma yang lebih akbar. Prodi PGMI dan HMPS Prodi PGMI sangat berterimakasih kepada YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat yang sudah mendukung acara ini secara penuh sehaingga dapat melihat senyum dan menebarkan kebaikan Bersama anak-anak yatim dan dhuafa. Harapan besar HMPS kedepannya dapat melakukan kegiatan social lain dengan Kerjasama lebih lanjut dengan YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat.

Ketua HMPS Prodi PGMI Melakukan Sambutan

Sambutan lain disampaikan oleh Kaprodi PGMI Ibu Kartini, S.Ag., M.Ag. menyampaikan terimakasih kepada Ketua dan Bendahara YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat yang telah hadir dan mendukung acara menderma akbar secara penuh. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada HMPS Prodi PGMI dan Panitia Milad Ke-8 Prodi PGMI yang sudah bekerja keras dan bekerja cerdas untuk mengorbankan tenaga dan pikiran untuk terselenggaranya acara menderma akbar. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang insyaallah barokah dan semoga keberkahan ini dapat kembali kepada kita semua yang sudah terlibat langsung maupun tidak langsung pada kegiatan menderma akbar ini. Harapan besar ibu kaprodi untuk kegiatan ini adalah semoga Kerjasama ini dapat berlajut dalam melaksanakan kegiatan menderma yang lain maupun kegiatan lainnya.

Kaprodi PGMI Sedang Memberikan Sambutan

Sambutan terakhir disampaikan oleh ketua YBM PLN UIP Kalimatan Bagian Barat yaitu Bapak Sapari, SE. beliau berterimakasih atas Kerjasama yang sudah terjalin ini sehingga YBM dapat ikut terlibat dalam kegiatan menderma akbar yang dilaksanakan oleh Prodi PGMI. Beliau tak lupa menyampaikan  selamat ulang tahun kepada prodi PGMI yang ke-8 semoga dapat selalu jaya dan sukses dalam setiap kegiatannya. Kemudian beliau menyampaikan bahwa YBM ini merupakan Yayasan yang mengelola zakat maal dari pegawai PLN muslim yang dikumpulkan setiap bulannya kemudian disalurkan kepada pihak yang berhak menerima zakat sesuai syariat agama. Dalam penyaluran ini YBM memiliki lima program prioritas yaitu bidang ekonomi, sosial kemanusiaan, Kesehatan, pendidikan dan dakwah. Kegiatan menderma ini masuk dalam kategori program sosial kemanusiaan. Ini merupakan kali pertama YBM berkolaborasi dengan pihak luar (HMPS Prodi PGMI) untuk melakukan program kegiatan menyalurkan zakat maal pegawai kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sambutan Ketua YBM PLN UIP Kalimantan Bagian Barat

Pada kegiatan menderma akbar ini menghadirkan anak-anak yatim dan dhuafa sebanyak 200 anak yatim dari panti asuhan Chatur Darma Yatim PEPABRI ( kota baru Jl. Harapan Jaya), Aisyiyah Nur Fauzi (Dr Wahidin sepakat 8), Syarif Hidayatullah (Tabrani) , Muhammadiyah Tunas Melati (Tani Makmur), Al-Amien (dansen ), Ar ridho (siantan), Amal Jariyah (rasau jaya ) dan 20 anak yang mengikuti kegiatan sunatan massal. Anak yatim dan Dhuafa yang hadir mendampatkan bingkisan berupa makan, snack,uang dan alat tulis. Kemudian untuk yang mengikuti sunatan massal mendapatkan bingkisan berupa Alquran, baju, makan, snack dan Uang. Semoga kegiatan sosial ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Oleh: Roikhatul Janah, S.Pd.I., M.Pd