PELATIHAN AUGMENTED REALITY : UPAYA TINGKATKAN KOMPETENSI CALON GURU DI ERA DIGITAL

Kamis (15/6/2023) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, laksanakan kegiatan pelatihan Augmented Reality (AR) secara offline. Pelatihan yang dilaksanakan di ruang aula Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) lantai 5 tersebut wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa PGMI semester 4 yang mengambil dan mengikuti mata kuliah Pengembangan Materi IPA. Hal ini dikarenakan kegiatan pelatihan Augmented Reality (AR) ini merupakan agenda lanjutan dari mata kuliah Pengembangan Materi IPA guna meningkatkan skill mahasiswa PGMI sebagai calon guru di era digital ini. Pelatihan Augmented Reality (AR) kali ini dibimbing langsung oleh salah satu dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Materi IPA di semester 4 yakni Ibu Vidya Setyaningrum, M. Pd. sebagai Narasumber.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ibu Saumi Setyaningrum, M. Si. selaku Plh. Kaprodi PGMI. Pelatihan Augmented Reality (AR) ini sendiri disambut baik oleh seluruh mahasiswa PGMI angkatan 2021 yang saat ini berada di semester 4. Setelah pembukaan, rangkaian pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan, juga praktik langsung cara kerja Augmented Reality (AR). Mahasiswa juga diajak langsung merasakan keseruan menggunakan hingga cara membuat Augmented Reality (AR)  di aplikasi UniteAR.

“Saya senang sekali dengan diadakannya pelatihan Augmented Reality (AR) ini. Karena sangat bermanfaat guna meningkatkan skill kami sebagai mahasiswa dan calon guru di bidang IPTEK. Apalagi ini bisa menjadi ide menarik untuk judul skripsi nantinya. Kemudian juga sangat menginspirasi sebagai pengembangan media pembelajaran. Pada intinya, saya mewakili teman-teman sangat bersemangat dengan mengenal dan mencoba sesuatu yang baru seperti ini”  kesan Windy Astari, salah satu mahasiswa PGMI semester 4 sekaligus moderator pada pelatihan kali ini.

Sementara harapan juga disampaikan oleh Plh. Kaprodi PGMI, Ibu Saumi Setyaningrum, M. Si. “Pelatihan Augmented Reality ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan dalam bentuk IT di bidang pemasaran dari produk yg dihasilkan oleh mahasiswa prodi PGMI dalam makul pengembangan materi IPA. Selain mahasisw mendapatkan materi IPA juga mempraktekkan pengolahan dari berbagai macam bahan makanan dan minuman sederhana. Keterampilan seperti ini sangat diperlukan di zaman sekarang karena dengan semakin banyaknya persaingan usaha untuk mendapat peluang kerja maka tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa prodi PGMI selain mampu menjadi pendidik berkualitas juga mampu melakukan wirausaha dari bahan sederhana. Produk-produk yang dihasilkan juga memanfaatkan bahan sederhana seperti singkong, ketan atau buah-buahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita. Tujuan lainnya diadakannya pelatihan ini juga untuk memperkenalkan berbagai produk makanan dan minuman tradisional yang mungkin saja bagi generasi sekarang hanya tahu makannya saja tanpa paham cara mengolahnya. Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan sedikit pembelajaran sekaligus pembekalan bagi mahasiswa prodi PGMI mengenai cara memasarkan produk yang telah dihasilkannya. Semoga dengan pelatihan ini banyak manfaat dan mampu memberikan kontribusi bagi kita semua. Aamiin. Terakhir, kita terus berusaha dan berdoa menuju prodi PGMI unggul. PGMI. Guru kelas berkualitas” jelasnya.

Selanjutnya, harapan lain juga disampaikan oleh narasumber pada pelatihan Augmented Reality (AR) Vidya Setyaningrum, M. Pd. “Saya berharap pelatihan ini dapat membuka wawasan dan memberi inspirasi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensinya sebagai calon guru di era digital” tugas dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Materi IPA ini.

Penulis : Windy Astari

Editor: Roikhatul Janah