PRAKTIKUM SENI TARI, MAHASISWA SEMESTER 4 PROGRAM STUDI PGMI SIAP MENJADI GURU KELAS YANG TERAMPIL MENARI

Selasa, 20 Juni 2023. Prodi PGMI bekerjasama dengan HMPS Program Studi PGMI mengadakan kegiatan Praktikum Seni Tari. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 4 yang sedang menempuh mata kuliah Seni Tari dan terbagi dalam 25 kelompok tari. Tujuan kegiatan ini selain untuk mengambil nilai akhir mata kuliah seni budaya (seni tari), kegiatan ini juga dalam rangka membekali mahasiswa keterampilan menari sehingga mereka memiliki kompetensi tari yang dapat dijadikan bekal berharga untuk bersiap menjadi guru kelas yang berkualitas. Kegiatan ini dibuka sambut oleh Plh. Kaprodi PGMI Ibu Saumi Setyaningrum, M.Si dan dibuka oleh Dekan FTIK bapak Dr. Hermansyah, M.Ag., kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kabag TU FTIK IAIN Pontianak Bapak H. Tommy Hardiansyah, MM. selain itu kegiatan ini dihadiri oleh Kaprodi Piaud, Sekprodi Tadris Bahasa Inggris, Sekprodi PBA, Seluruh Dosen Homebase PGMI dan beberapa dosen perwakilan dari Prodi PAI, PBA, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, PIAUD.

Dekan FTIK Bapak Dr. Hermansyah, M.Ag dalam pembukaanya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya karena prodi PGMI merupakan salah satu prodi yang aktif melaksanakan kegiatan mahasiswa. Selanjutnya Prodi PGMI merupakan prodi yang mau menerima tantangan untuk memperoleh akreditasi unggul pada tahun 2024, maka kegiatan semacam praktikum seni ini akan sangat bermanfaat untuk proses akreditasi. Harapan besar Dekan FTIK kepada mahasiswa agar selalu semangat dan mendukung proses akreditasi yang dilaksanakan fakultas dan prodi, seperti perduli pada kebersihan kampus, harus mau mengingatkan dan bertanggung jawab pada lingkungan bersih sekitar kampus.

Plh. Kaprodi PGMI Ibu Saumi Setyaningrum, M.Si menyampaikan dalam pembukaanya bahwa setiap semester terdapat kegiatan praktikum yang harus dan wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh mata kuliah seni tari maupun matakuliah seni budaya yang lain. kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang akan sampai pada puncaknya sekitar bulan november. sehingga prodi dan HMPS harus selalu bersinergi dan kompak agar kegiatan serupa dapat berjalan lancar dan bermanfaat. selain itu Plh. Kaprodi juga memberikan semangat agar mahasiswa memiliki tujuan lulus tepat waktu sehingga kerja keras yang dilakukan oleh prodi dapat tercapai dengan maksimal.

Seperti disampaikan di atas bahwa mahasiswa semester 4 ini dibagi menjadi 25 kelompok. Mereka menampilkan beragam tarian tradisional dari kalimantar barat yang mereka siapkan gerakan dan konstum tariannya dengan maksimal. sehingga ketika live performence mereka benar-benar serius dan menampilkan hasil terbaiknya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal pengalaman dan pengetahuan bagi mereka sehingga nantinya dapat menjadi guru yang berkualitas.

Penulis: Roikhatul Janah