MEMBANGGAKAN, MAHASISWA PRODI PGMI MERAIH 4 PENGHARGAAN DALAM KEGIATAN INTERNATIONAL THE 7th BORNEO UNDERGRADUATE ACADEMIC FORUM (BUAF) 2023

Palangkaraya, 13 September 2023. Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) adalah forum akademis yang diselenggarakan khusus untuk kalangan terpelajar di kawasan Borneo yang didirikan pada tahun 2016 oleh IAIN Pontianak dan tiga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Kalimantan, yakni UIN Antasari Banjarmasin, IAIN Palangaka Raya, dan UINSI Samarinda. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan platform bagi mahasiswa sarjana (undergraduate) dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Borneo untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan hasil penelitian mereka. Pada Event 7th BUAF 2023 ini, IAIN Palangka Raya menjadi host pada event tahunan ini, dengan  dengan mengusung tema “Integration Of Islamic Science And Local Culture As A Model Of Future Civilization“.

Kegiatan International ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 September 2023 di IAIN Palangka Raya Kalimatan Tengah. Dalam kegiatan tersebut dua mahasiswa prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak membawa kabar bahagia, yakni mampu menghasilkan 4 penghargaan sekaligus antara lain:

Angga Bayu Segara (Mahasiswa Prodi PGMI Semester 7) dengan judul : Analyzing the Science Literacy Understanding of Prospective Madrasah Ibtidaiyah Teachers at IAIN Pontianak : An Analysis of Perceptions, Knowledge, and Practices. Mendapatkan 3 penghargaan, antara lain:

  1. Best Of The Best on Panel Session: Education
  2. The 2nd Best Paper on Panel Session: Education
  3. The 3rd Best Presentation on Panel Session: Education

Salawati (Mahasiswa Prodi PGMI Semester 5) dengan judul: Pemahaman Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru MI di Program Studi PGMI FTIK IAIN Pontianak. Mendapatkan satu penghargaan yaitu:

  1. The 3rd Unique Title on Panel Session: Education

Tentunya Prodi PGMI FTIK IAIN Pontianak sangat bangga terhadap capaian bidang akademik dalam forum international ini. Kabar bahagia ini sesuai dengan harapan Kaprodi PGMI yang disampaikan sebelum dua perwakilan prodi PGMI berangkat ke Palangka Raya untuk mengikuti the 7th Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) tahun 2023. Seperti halnya yang sudah disampaikan dalam link ini. Kartini, S.Ag., M.Ag menyampaikan “Selamat dan semoga pencapaian ini menjadi penyemangat untuk prodi, untuk mahasiswa PGMI, FTIK dan IAIN pontianak secara umum agar memperoleh prestasi dalam bidang akademik serupa di tahun-tahun mendatang.”

Penulis: Roikhatul Janah