MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI FTIK IAIN PONTIANAK MELAKSANAKAN EDUKASI Di SDN 39 SUNGAI RAYA

Pada hari Sabtu, 25 November 2023 mahasiswa IAIN Pontianak khususnya prodi PGMI kelas 3B yang mana kunjungan ini para mahasiswa PGMI melaksanakan Edukasi di SDN 39 Sungai Raya Jl. Arang Limbung untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Psikologi Pendidikan, yang diampu oleh pak Dr. Hariansyah, M.Si.  “Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk menjadikan para mahasiswa IAIN terkhususnya pada prodi PGMI sebagai calon guru  kelas yang berkualitas.

Kedatangan kami di SDN 39 Sui Raya ini disambut dengan baik oleh kepala sekolah serta rekan-rekan guru yang lainnya. saat kami tiba di sekolah tersebut, dan kami melakukan pengenalan nama kepada guru serta meminta izin kepada guru dalam kegiatan Edukasi dan guru pun dengan segera mengarahkan kepada kami ruang kelas I sampai dengan kelas VI untuk kami lakukan kegiatan Edukasi. Selanjutnya kami mulai melaksanakan kegiatan Edukasi yang mana setiap satu kelas terdiri dari dua judul yang kami sampaikan kepada peserta didik seperti, Bullying, stanting, motivasi belajar, putus sekolah, lingkungan sekolah yang bersih, menyontek, menjaga diri dari pergaulan, anak tangguh, menghormati orang tua dan guru, menjaga lingkungan belajar, edukasi membatasi media sosial, pentingnya bermain, berani speak up.

Kegiatan Edukasi ini tidak hanya materi saja yang kami sampaikan kepada peserta didik tetapi ada permainan atau game dan pembagian hadiah yang kami lakukan kepada peserta didik agar mereka semangat dalam kegiatan tersebut. Setelah selesai kami melakukan kegiatan edukasi kepada peserta didik kami melakukan sesi foto bersama kepala sekolah dan rekan-rekan guru lainnya.

Penulis: Jumita Sari